Loader

KE PABRIK MAHINDRA DI INDIA BERSAMA MEDIA INDONESIA

KE PABRIK MAHINDRA DI INDIA BERSAMA MEDIA INDONESIA

India – Mahindra seperti yang kita ketahui sudah resmi beroperasi di Indonesia dan menunjuk PT RMA Indonesia sebagai distributornya. Untuk tahap pertama kami meluncurkan kendaraan niaga Mahindra Scorpio 4×4 double cabin dan single cabin.

Kami mengundang beberapa media asal Indonesia untuk mengunjungi berbagai fasilitas pabrik di India. Perjalanan kami lakukan pada 5-9 November 2019 dan bertujuan untuk meyakinkan media dan konsumen tanah air bahwa Mahindra memiliki fasilitas yang sangat baik untuk konsumennya.

Di hari pertama, kami mulai dengan melihat dealer Mahindra di kawasan Nasik, perjalanan sekitar 3 jam dari kota Mumbai. Dealer ini adalah salah satu dealer terbesar yang mempunyai 80 bay untuk servis kendaraan.

Setelah dari dealer, kami megajak media mengunjungi Mahindra Adventure 4×4 Academy di kawasan Igatpuri. Lokasi ini merupakan area test drive untuk mobil-mobil Mahindra dengan spek 4×4. Di sini kami memberi kesempatan mencoba seluruh jip Mahindra model lama yang terkenal seperti Mahindra Scorpio, Mahindra Thar dan juga kami mengajari bagaimana mengemudikan sebuah mobil 4×4 di medan off-road dengan handicap yang sangat menantang.

Di hari kedua kami membawa rekan-rekan media untuk mengunjungi pabrik Mahindra di kawasan Chakan, sekitar 3 jam perjalanan dari Mumbai. Di sini kami diajak berkeliling pabrik Mahindra Vehicle Manufacturers Ltd. seluas 283,2 hektar. Dimulai dari welding shop, body shop, hingga assembly line. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 320.000 unit setahun. Media juga diperlihatkan proses perakitan the best seller SUV yaitu Mahindra XUV500.

Di hari ketiga kami mengajak rekan Media ke Mahindra Towers, di selatan kota Mumbai. Di sini kami mempertemukan rekan-rekan media dengan seluruh jajaran direktur Mahindra terutama yang berkaitan dengan pasar Indonesia.

Sampai saat ini kami masih fokus untuk memperkuat brand Mahindra Indonesia melalui produk kendaraan komersial. Namun, tidak menutup kemungkinan kami akan menggarap pasar mobil penumpang di Indonesia.

Arvind Mathew Chief of International Operations Mahindra and Mahindra Ltd. mengaku tak ingin tergesa-gesa untuk mendatangkan semua produknya ke Indonesia, karena Mahindra memiliki rencana bisnis jangka panjang di Indonesia.

Sementara itu, Joydepp Moitra, Head of International Operations Automotive Mahindra and Mahindra Ltd. mengatakan,” Kita akan memperkuat brand kita di segmen komersial. Di tahun pertama kita siapkan 14 lokasi penjualan untuk kendaraan komersial. Lalu di tahun ke 2 menambah dealer di berbagai lokasi. Memasuki tahun ketiga, kita akan memulai studi untuk kendaraan penumpang.”

Di hari berikutnya, yaitu hari keempat kami terbang dari Mumbai menuju kota Chennai. Di kota inilah bermarkas pusat R&D Mahindra untuk kendaraan penumpang dan traktor yang disebut Mahindra Research Valley. Selama setengah hari kami berkeliling mulai dari studio desainnya, lalu ke fasilitas pengujian mesin, suspensi, bodi. Total ada 96 lab yang didirikan di atas lahan seluas 50,5 hektar. Bahkan kami juga diperlihatkan Mahindra Academy untuk mencetak para engineer.

Akhirnya selesai sudah kami mengunjungi seluruh fasilitas produksi, pusat R&D, test drive dan dealer penjualan Mahindra selama 4 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Halo